Sabtu, 19 April 2008

Cara mengembalikan grub yang hilang

Kemarin gw baru aja install ulang windows karena windows gw lagi kacau, setelah restart eh ternyata ubuntu gw kok hilang ya??????
gw bingung banget deh ... setelah baca2 eh ternyata ketemu cara memperbaiki grub gw yang hilang (alhamdulillah)
ni dia nih caranya:
1. Booting komputer anda dengan menggunakan LiveCD Ubuntu yang telah anda persiapkan sebelumnya. Dan bila telah masuk ke Desktop bukalah terminal dengan mengklik Applications –> Accesories –> Terminal


2. Setelah masuk terminal ketikkan perintah : sudo grub, masukkan password bila diminta, dan bila sudah masuk grub akan di tandai dengan berubahnya prompt anda menjadi GRUB >

3. Ketikkan perintah : find /boot/grub/stage1. perintah ini akan memunculkan lokasi dimana Grub anda berada, misal: (hd0,1)

4. Setelah itu ketik perintah “root” diikuti dengan lokasi dimana grub berada, misalnya: root (hd0,1)

5. Langkah berikutnya adalah menginstall Grub ke dalam MBR (Master Boot Record), dimana partisi MBR adalah (hd0) jika anda ingin menginstal GRUB bukan di MBR, maka ganti (hd0) dengan alamat partisinya misalkan (hd0,0). Ketikkan perintah : setup (hd0) (catatan: disini penulis menginstall grub ke dalam MBR). Dan bila telah selesai, keluarlah dari Grub dengan perintah: quit. Rebootlah komputer anda, dan seharusnya saat ini anda telah mendapatkan Grub anda kembali

Tidak ada komentar: